Jakarta – Orang tua akan real berkorban demi kehidupan anaknya yang jauh lebih berkualitas, termasuk juga pendidikan. Di Vietnam ada orang tua yang rela memasukan anaknya ke dalam kantong plastik demi bisa meraih pendidikan.

Aktivitas itu mereka lakukan demi bisa bersekolah. Kantong plastik tersebut digunakan untuk anak-anak menyebrangi sungai. Cata tersebut dilakukan agar anak-anak mereka tidak basah terkena air sungai sampai sekolah.

Dikutip dari laman World of Buzz, berkat kiriman akun bernama Siakapkeli, foto-foto pria yang menyeberangkan pelajar yang dimasukkan ke dalam plastik besar dengan berenang melintasi sungai berarus deras sepanjang 20 meter pun menghebohkan dunia maya.

Warget pun banyak yang melontarkan pujian lantaran melihat perjuangan para orang tua demi pendidikan anaknya. Ini adalah kebiasaan sehari-hari warga desa Huoi Ha saat musim hujan. Karena saat musim panas, akan ada jembatan yang dibuat agar penduduk bisa menyeberang sungai.

Namun, selama musim hujan, volume air akan meningkat dan air juga akan meninggi. Karena itulah, jembatan tidak bisa bertahan dan arus yang besar tidak memungkinkan untuk menggunakan rakit yang biasa digunakan untuk menyeberang sungai.

Para orang tua pun tidak punya jalan lain, selain meminra seorang pria untuk membawa anak mereka menyebrangi sungai dengan dimasukan ke dalam kantong plastik nilon berukuran besar.

Tapi, ini bukan suatu hal yang mudah karena orangtua harus menunggu dengan cemas di sisi lain sungai sementara pria itu berenang menyeberangkan anak mereka. Setelah menyeberang sungai, anak-anak masih harus berjalan sejauh 15 kilometer untuk sampai ke sekolah.

Musim hujan di Vietnam berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober setiap tahun. Bisa Anda bayangkan rintangan yang harus mereka hadapi kala musim hujan turun.

Dengan adanya kejadian tersebut semoga mebuka mata dan kesadaran pihak yang berwenang untuk segara membantu dan mepermudah jalan mereka menuju ke sekolah. (Hari-harianindo.com)