Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan segera membicarakan calon menteri di kabinet 2019-2024 pada pertengahan Juli ini. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut pihaknya masih menunggu ajakan Jokowi untuk membicarakan kabinet.

“PPP menunggu saja diajak bicara Pak Jokowi soal kabinet, karena itu memang hak prerogatif Presiden terpilih,” ujar Sekjen PPP Arsul Sani saat dihubungi, Jumat (05/07/2019).

Arsul juga menambahkan, Jokowi pasti akan memperhatikan seluruh aspek dalam mengakomodir kebutuhan kabinet. Menurutnya, aspek-aspek tersebut diantaranya dapat menjaga dukungan politik partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) hingga aspek gender. 

“Kami meyakini beliau akan memperhatikan semuanya baik dari aspek kebutuhan kabinet yang mampu mengeksekusi program pemerintahan, aspek menjaga dukungan politik dari partai-partai KIK, aspek representasi berbagai kelompok pendukung non partai dan profesional bahkan aspek gender,” kata Arsul.

Arsul menyebut, partainya telah mempersiapkan sejumlah kandidat yang layak untuk diajukan. Namun, Arsul mengatakan nama-nama ini baru akan diumumkan setelah adanya pembicaraan dengan Jokowi.

“Kandidat tentu kami siapkan, tetapi kami hanya akan umumkan setelah pak Jokowi mengajak bicara PPP,” tuturnya.

Sebelumnya, pembahasan mengenai sosok yang akan didapuk bergabung di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin itu disebutkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Sebelum bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (02/07/2019), Cak Imin mengungkapkan akan ada pembicaraan mengenai calon menteri Jokowi pada pertengahan bulan ini.

“Beliau bilang nanti akan ada pembicaraan sekitar pertengahan Juli,” ujar Cak Imin. (Edy – www.harianindo.com)