Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri dan Menko Ekuin Kwik Kian Gie sekaligus Ketua (Ketua Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) periode 2000-2001, Rizal Ramli.

Keduanya dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI), pada Kamis (11/07/2019).

“Untuk keduanya kami periksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi BLBI,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (11/07/2019).

Saat ini KPK pun sedang serius menyelidiki kasus dugaan korupsi SKL BLBI yang kini menjerat tersangka pengusaha Sjamsul Nursalim dan istri Itjih Nursalim.

KPK menduga keduanya turut melakukan penyogokan bekas Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung yang merugikan keuangan negara mencapai Rp 4.58 miliar.

Syafruddin sempat menjadi terdakwa dalam kasus tersebut. Namun, dalam pengajuan kasasi Syafruddin di Mahkamah Agung (MA), dalam putusannya diterima. Sehingga Syafruddin bebas dari tuduhan dalam keterlibatannya dalam kasua korupsi BLBI. (Hari-harianindo.com)