Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa dengan jumlah hampir satu juta, Indonesia merupakan negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Pernyataan tersebut rupanya pernah disampaikan langsung di hadapan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Cerita itu ia sampaikan pada acara halal bihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Pusat.

“Saya bilang, ‘Yang Mulia, kami ucapkan terima kasih untuk melayani dua masjid agung khadimul haramain’. Dia juga ucapkan terima kasih dan senang. ‘Tapi, saya ingin sampaikan kepada Yang Mulia, di Indonesia itu ada 800 ribu atau mendekati satu juta masjid dan saya ketuanya,” cerita JK yang juga Ketua Umum DMI itu.

Terkejut dan bingung dengan pernyataan JK, Raja Salman mulanya sempat menanyakan kembali ke penerjemah. Respon yang diterima pun sama. Masjid di Indonesia memang sebanyak 800 ribu. Raja Salman pun juga mengonfirmasi ucapan JK ke duta besar Arab Saudi untuk Indonesia.

“Benar nggak di Indonesia ada masjid sebanyak itu? tanya Raja Salman ke dubesnya. ‘Benar Yang Mulia’ kata dubes Arab Saudi. Baru setelah itu dia (Raja Salman) hormat sama saya,” papar JK.

Meski demikian, JK juga menekankan bahwa dengan jumlah masjid sebanyak itu, maka tanggung jawab yang diemban juga besar. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai ruang ibadah. Akan tetapi, fasilitas masjid juga harus dirawat demi menjaga mutu masjid di Indonesia.

“Jadi, urusan kita bukan urusan sedikit. Bukan urusan remeh-temeh. Maka, kita harus bersungguh-sungguh dalam mengamalkan ibadah ini,” ujar JK. (Elhas-harianindo.com)