Jakarta – Tanggal pelaksanaan Ijtima Ulama IV telah resmi diumumkan. Berdasarkan penuturan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif, Ijtima Ulama IV sedianya akan diselenggarakan pada 5 Agustus nanti. Soal lokasi, Slamet hanya menyebut Jakarta sebagai tempat digelarnya Ijtima Ulama.

“Insya Allah. Di Jakarta,” ujar Slamet pada Jumat (19/07/2019).

Rencananya, Ijtima Ulama IV akan membahas mengenai dakwah, perekonomian, hingga politik. Selain itu, penentuan arah haluan pasca-Pilpres 2019 juga akan menjadi topik bahasan.

“Dengan agenda seputar dakwah, ekonomi, kelembagaan dan politik,” kata Slamet.

Baca Juga: Peneliti Populi Center Menilai Ijtimak Ulama IV Bermuatan Politis

Yang membedakan antara Ijtima Ulama IV dengan perhelatan sebelumnya adalah tidak diundangnya politisi maupun partai politik. Namun Slamet tidak memberi alasan lebih lanjut perihal keputusan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Munarman dalam kesempatan sebelumnya memaparkan tujuan penyelenggaraan Ijtima Ulama IV. Menurutnya, Ijtima Ulama akan menjadi ajang konsolidasi antara ulama dan umat serta penguatan arah haluan.

“Kita para ulama sejak awal ingin memperjuangkan keadilan, memperjuangkan kesamaan. Jadi kepada yang lemah kita bantu, kepada yang sudah kuat artinya dia kami persilakan berusaha sendiri di bidang ekonomi, politik, dan hukum,” papar Munarman. (Elhas-harianindo.com)