Jakarta – Seragam merupakan kebutuhan primer bagi sumua siswa. Kain seragam yang mahal membuat banyak orang tua mengeluh. Harga kain seragam dan atribut yang dijual di koperasi sekolah yang mahal membuat para orang tua resah.

Seragam sekolah SMP negeri yag banyak dikeluhkan. Karena para orang tua harus mengeluarkan uang Rp 2,1 juta untuk mendapat lima setel kain plus satu seragam olahraga.

“Itu masih harus ribet cari penjahit. Untuk menjahit semua kain itu, saya harus mengeluarkan uang lagi Rp 850 ribu,” kata salah satu wali murid SMPN di Surabaya Selatan.

Harga seragam sekolah yang lebih terjangkau sebenarnya dapat dibeli di pasar. Namun, karena tak mau bolak-balik, akhirnya dia membeli seluruh atribut yang dijual di koperasi itu.

Seragam batik dan olahraga sudah pasti harus dibeli di koperasi sekolah. Para orang tua tak punya pilihan lain. Mereka harus membeli seluruh seragam tersebut di koperasi sekolah.

Seragam sekolah yang mahal ternyata ada di seluruh SD dan SMP negeri. Sekolah memberikan nota pembayaran atas kain yang dibeli. (NRY-harianindo.com)