Jakarta – Dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya membahas tentang rencana pemindahan ibu kota Indonesia. Jokowi meminta izin kepada para anggota parlemen terkait penempatan ibu kota baru di Pulau Kalimantan

“Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi pada Jumat (16/08/2019).

Baca Juga: Sebelum HUT RI, Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Indonesia

Presiden Jokowi juga memaparkan bahwa pemindahan ibu kota merupakan upaya untuk mewujudkan pemerataan ekonomi. Ia juga menyebutkan bahwa kebijakan tersebut berlandaskan pada visi Indonesia Maju.

“Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan sebelumnya, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan dukungannya terhadap rencana pemindahan ibu kota. Kebijakan tersebut memang telah lama menjadi pokok bahasan dari Presiden Jokowi.

“Kami mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan,” ujar senator untuk Kalimantan Barat itu. (Elhas-harianindo.com)