Hong Kong – Demonstrasi berkepanjangan yang hingga kini masih berlangsung di Hong Kong membuat Alain Robert terdorong untuk turut beraksi. Bedanya, pria asal Perancis ini tidak ikut turun aksi. Tetapi ia memilih untuk melakukan aksi panjat gedung tinggi.

Pria yang dikenal dengan julukan ‘Spiderman Perancis’ itu memanjat Gedung Cheung Kong Centre. Ia bermaksud untuk memasang sebuah spanduk yang merupakan gabungan antara bendera Tiongkok dan bendera Hong Kong di gedung 68 lantai itu.

Mengetahui aksi Robert tersebut, pihak kepolisian seketika melakukan pengamanan lokasi. Mereka juga menahan Robert dan mencopot bendera yang dipasang ‘Spiderman’ itu.

Menurut pernyataan yang disampaikan Robert, aksi tersebut dimaksudkan untuk meminta adanya perdamaian dan konsultasi antara pemerintah dengan masyarakat Hong Kong.

“Mungkin apa yang saya lakukan dapat menurunkan suhu dan membangkitkan senyuman,” ungkap Robert, seperti yang dikutip dari Al-Jazeera, Jumat (16/08/2019).

Sebelumnya, ia dikenal telah malang-melintang di dunia panjat gedung tinggi di dunia. Bangunan ikonik seperti Burj Khalifa di Dubai, Menara Eiffel, Gedung Opera Sydney, Menara Kembar Petronas, hingga Gedung Bakrie Tower di Jakarta pernah ia panjat sebelumnya. (Elhas-harianindo.com)