Jakarta – Hingga kini, Presiden Joko Widodo masih menggunakan mobil Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard yang notabene merupakan warisan dari era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun muncul informasi yang menyebutkan bahwa untuk periode berikutnya, Jokowi akan memakai Mercedes-Benz S 600 Guard.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Menurutnya, mobil dinas baru untuk Presiden dan Wakil Presiden sedianya akan hadir di akhir tahun dan baru bisa dioperasikan tahun depan.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dilakukan prosesnya dan mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima,” kata Heru pada Jumat (23/08/2019).

Baca Juga: Menteri Tjahjo Kumolo Mengaku Mobil Dinasnya Sering Mogok

Limusin keluaran Mercedes-Benz tersebut memang menjadi pilihan bagi sejumlah kepala pemerintahan negara-negara di dunia. Mercedes-Benz S 600 Guard dilengkapi dengan sasis baja dan kaca dengan lapisan tahan peluru serta ban jenis Run Flat. Dengan kata lain, mobil tersebut memiliki ketahanan yang tinggi.

Adapun spesifikasi mobil ini antara lain memiliki panjang 5,4 meter, tingkat ketahanan standar Eropa B6/B7, hingga tangki bahan bakar antibocor. Untuk mesin, Mercedes-Benz S 600 Guard dipacu oleh mesin 5.500cc DOHC Direct Injection. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai hingga 530bhp per 4900-5300rpm dan torsi maksimal 830Nm per 1900-4000rpm.

Tak hanya itu, limusin ini juga dilengkapi dengan brake assist plus dan rem pre-safe yang dikombinasikan dengan DISTRONIC PLUS yang digabungkan dengan LED Intelligent Light System, Adaptive High Beam Assist Plus, Exhaust System With Two Chrome-Plated Twin Tailpipes, dan 48.3 cm(19 Inch) Multi-Twin Spoke Light Alloy Wheel. (Elhas-harianindo.com)