Jakarta – Cemas memang perasaan yang biasa terjadi pada kondisi tertentu. Namun, waspadai jika perasaan cemas datang secara berlebih. Seseorang yang rentan cemas diperkirakan mengalami hipertiroid.

Hipertiroid merupakan kondisi dimana terdapat kelainan pada kelenjar tiroid yang membuat sel-sel menjadi lebih aktif. Hal tersebut berakibat pada seluruh organ tubuh bekerja lebih cepat. Sel-sel organ tubuh yang bekerja lebih aktif ini, membuat tubuh pengidap hipertiroid rentan cemas. Terlebih, cemas tersebut biasanya nampak berlebihan dibandingkan orang pada umumnya.

“Karena semua selnya aktif, jadi lebih gampang cemas, kaya simpatisnya tuh meningkat. Padahal simpatis kita keluar misalnya kaya lagi di kejar anjing, ketakutan, ini diem-diem aja simpatisnya tinggi,” ujar Spesialis penyakit dalam dari RSPI Puri Indah, dr. Muhammad Ikhsan Mokoagow, M.Med.Sci, Sp.PD-FINASIM., dalam acara media di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Kondisi cemas yang berlebihan kemudian organ tubuh lainnya seperti jantung dan nadi yang bekerja lebih aktif. Tak jarang, angka detak nadinya mencapai 140 kali per menit. (NRY-harianindo.com)