Jakarta – Setelah pabrik Esemka diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (06/09/2019) lalu di Boyolali, Jawa Tengah, PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemilik merek Esemka akan berencana merilis mobil Bima ke pasaran. Nantinya, Bima akan memiliki dua varian, yaitu jenis bermesin 1.200cc dan 1.300cc.

Akan tetapi, mulai beredar di dunia maya tudingan bahwa mobil pikap Esemka tersebut memiliki kesamaan dengan mobil dari pabrikan Tiongkok. Para netizen menyebut bahwa terdapat kemiripan antara Esemka Bima dengan Changan Star Truck.

changan3

Rocky Gerung adalah salah satu orang yang membuat dugaan tersebut menjadi viral. Melalui akun Twitter pribadinya, ia mengunggah foto Changan Star Truck yang dijual di situs e-commerce Alibaba. Memang, Rocky Gerung baru-baru ini sering melontarkan sindiran terhadap Esemka yang ia sebut hanya merakit mobil dari luar.

changan2

Jika dilihat secara sekilas, maka kedua unit pikap tersebut seakan-akan serupa. Seperti grill dan lampu utama yang sama-sama lebar. Bagian eksterior lainnya yang terlihat mirip adalah bagian baknya.

changan1

Akan tetapi, ada beberapa karakteristik yang membedakan antara Esemka Bima dan Changan Star Truck. Meskipun grill dan vender depan dibilang sama, namun dari warna sebenarnya berbeda. Jika Star Truck berwarna silver, maka Bima memiliki warna hitam. Selain itu, lampu depan Esemka Bima nampak lebih kecil ketimbang milik Changan Star Truck.

bima1

Selain itu, dari dimensi ukuran kedua unit tersebut memiliki perbedaan walau tak kontras. Esemka Bima memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Sementara Changan Star Truck memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm. (Elhas-harianindo.com)