Jakarta – Beberapa waktu yang lalu tiga pimpinan KPK telah mengembalikan mandatnya ke Presiden Jokowi. Meski begitu, mereka menyatakan masih tetap duduk dan bertahan di KPK. Terkait hal itu, IPW melayangkan sindiran pada ketua KPK.

“Jika tiga pimpinan KPK itu masih ingin bertahan, seharusnya mereka kembali menggelar jumpa pers untuk meminta maaf pada Presiden Jokowi dan masyarakat, lalu mengambil kembali mandatnya,” ujar Ketua Presidiium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, Sabtu (21/09/2019).

Neta beranggapan bahwa tiga pimpinan KPK itu yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan M Laode tidak pantas lagi duduk sebagai pimpinan KPK.

“Mereka tidak punya malu, kalau hal itu terjadi di Jepang, orang-orang seperti itu pasti sudah harakiri karena tak kuat menanggung malu,” ujar Neta.

Di sisi lain, Humas KPK membenarkan bahwa lima pimpinan antirasuah itu akan menyelesaikan tugasnya hingga akhir masa jabatan, yakni pada 21 Desember 2019.

Ketiga pimpinan KPK yang telah mengembalikan mandat ke presiden, menunjukkan bahwa mereka bersikap seolah olah KPK milik kelompoknya. Sehingga mereka bisa bertindak tanpa berpikir panjang.

“Sangat naif, dan sangat kekanak kanakan,” kata Neta. (NRY-harianindo.com)