DigiPod Mengubah Kamera Analog Menjadi Digital

(Sumber Foto: Mashable)

London – Untuk saat ini era kamera analog sudah bukan jamannya lagi, karena kini kamera digital sudah menghiasi pasar kamera. Waalupun demikian, ada seorang fotografer yang berasal dari Inggris, telah menciptakan sebuah alat yang dapat mengubah sebuah kamera film (kamera analog) menjadi kamera digital.

Alat tersebut diberi nama DigiPod yang nantinya akan ditempelkan di sebuah kamera analog lalu akan dihasilkan sebuah kamera modern dengan basis digital. Pria yang bernama James Jackson ini pada awalnya merasa kasihan dengan nasib kamera analog miliknya.

Karena biasanya jakson hanya akan memajang kamera analog tersebut menjadi sebuah barang antik. Namun pada akhirnya dengan mendapatkan sebuah bantuan, Jackson berhasil menciptakan alat film digital yang berfungsi untuk menggantikan film analog yang ada di kamera SLR.

Dimana alat ini akan mengubah fungsi dari rol film menjadi media penyimpanan data digital. Dengan demikian maka foto-foto hasil jepretan akan diubah menjadi foto digital melalui DigiPod untuk kemudian disimpan didalam sebuah kartu memori.

Seperti yang dilansir dari Mashable, Minggu (25/8/2013), pria yang telah berusia 58 tahun ini mengungkapkan bahwwa untuk saat ini DigiPod sudah dapat menjadi alat yang serba guna. Karena penyimpanan fotonya tidak menggunakan film namun sudah tersimpan di memori kartu SD.

Selain itu DigiPod juga dapat dihubungkan dengan mini USB yang terhubung ke kamera dan dapat langsung ke komputer. Kelebihan lainnya alat ini telah dilengkapi dengan baterai sendiri. Untuk harganya Jackson membandrolnya seharga USD300, dan dapat dibeli melalui website Indiegogo. (Choirul Anam – www.harianindo.com)