Ducati Segera Perkenalkan Ducati 1199 Panigale R edisi SuperleggeraBologna – Kabar yang beredar saat ini menyebutkan bahwa Ducati sedang mengembangkan varian terbaru dari Penigale, demikian dilansir dari Asphalt and Rubber, Senin (7/10/2013). Padahal baru saja Ducati meluncurkan seri 889 Panigale.

Dengan demikian, berdasarkan sumber internal Ducati terungkap bahwa hanya butuh beberapa bulan pabrikan otomotif yang berasal dari Bologna ini berhasil meluncurkan varian motornya yang paling ‘sombong’.

Motor yang diberi nama Ducati 1199 Panigale R edisi Superleggera ini dirakit dalam sebuah pabrik Borno Panigale. Untuk diketahui bahwa Panigale R ini memiliki bobot yang diklaim paling ringan yang dikeluarkan oleh Ducati.

Untuk mesinnya yang menggunakan 1.199 cc Superquardo yang dimiliki oleh Panigale R Superleggera ini kabarnya menggunakan bahwa titanium, deengan karbon filter serta magnesium sehingga dapat mengurangi bobot motor sampai dengan 18 kilogram.

Bahkan para insiyur juga berhasil mengembangkan tenaganya mencapai 220 HP. Untuk fitur yang digunakan seperti rem Brembo, suspense Ohlins serta semua sitem elektronik yang terbaru seperti pada Ducati Corse yang ada di WSBK dan juga MotoGP, dengan menggunakan wheelie control system untuk yang pertama kalinya bagi motor jalanan.

Kabarnya Ducati 1199 Panigale R Superleggera ini akan dijual dengan kisaran harga dua kali lipat dibandingkan dari Ducati 1199 Panigale R. Pihak Ducati sendiri hanya memproduksinya sekitar 500 unit. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)