Smartphone Samsung ber-OS Tizen Siap Hadang AndroidSeoul – Penyebaran rumor yang beredar seputar pengembangan sistem operasi Tizen sebagai alternatif dari Android kian kencang. Seperti dilansir dari Digital Trends (Senin, 11/11/2013), sistem operasi yang dibuat untuk smartphone dengan harga terjangkau dan berspesifikasi rendah ini memang rencananya akan diadopsi oleh raksasa smartphone asal Korea Selatan itu pada tahun 2014 sebagai alternatif pilihan dari Android.

Proyek ambisius yang dihasilkan dari kerjasama Samsung dan Linux Foundation ini disebut-sebut dapat membuat smartphone low end akan memiliki harga yang lebih murah lagi. Ini jelas sebuah ancaman bagi OS Android yang kini tengah menguasai pasar. Tizen sendiri akan meiliki dua versi. Selain versi yang khusus untuk posnel ber spek rendah, tersedia juga Tizen versi standar. keduanya memiliki nama yang berbeda. Tizen standar bernama Tizen Mobile, sedangkan yang versi rendah bernama Tizen Mobile Lite.

Tizen Mobile akan mendukung ponsel dengan resolusi layar 800×480 piksel dan HD 1280×720 piksel. Sedangkan Tizen Mobile Lite hanya mampu mendukung layar 480×320 pilsel dan 320×240 piksel. Anda harus bersabar setidaknya hingga awal 2014 nanti untuk emndapatkan info lebih lanjut. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)