Toyota Bicara tentang Mobil Bertenaga HidrogenLas Vegas – Toyota, pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, sedang menggarap mobil bertenaga hidrogen. Kendati masih akan selesai setahun lagi, pihaknya memprediksi bahwa hasil dari proyek ini akan booming. Seperti dilansir dari FOX News (Selasa, 7/1/2014), wakil presiden Toyota, Bob Carter, mengatakan bahwa mobil bertenaga listrik akan populer di masa depan dengan jumlah unit yang akan semakin besar.

Mobil konsep terbaru Toyota, yang untuk saat ini diberi nama FCV, akan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar untuk baterainya dan hanya akan menghasilkan emisi berupa uap air. Toyota mengatakan bahwa mobil tersebut akan rilis untuk pasar Amerika Serikat pada tahun 2015. Toyota berjanji bahwa mobil tersebut akan dirilis dalam kisaran harga yang senilai dengan 600 juta sampai 1,2 milyar rupiah.

Mobil tersebut nantinya akan memiliki jangkauan sekitar 480 km, mampu melaju 100 km/jam dalam 10 detik, serta memiliki tangki hidrogen yang dapat diisi ulang dalam waktu 3 sampai 5 menit.
Bekerja sama dengan University of California, Toyota nantinya juga akan membangun infrastruktur pendukung berupa stasiun pengisian bahan bakar. Pihaknya menyatakan bahwa 10.000 unit pertama hanya memerlukan 68 stasiun, dengan rentang wilayah dari San Fransisco menuju San Diego. (Choirul Anam – www.harianindo.com)