Toyota V8 Sport Hybrid Segera DiluncurkanJakarta – Kabarnya di ajang FIA World Endurance Championship (WEC) dan Le Mans 24 jam, Toyota akan melahirkan sebuah mobil hybrid tercepat. Hal ini adalah merupakan pembuktian akan kekuatan motorsport hybrid dan pada akhirnya Toyota memberikan restunya.

Seperti yang dikutip dari autoblog, Selasa (4/1/2014), pada akhirnya Toyota Racing memutuskan untuk melibatkan 2 mobil hybrid terbaiknya dalam ajang WEC serta Le Mans 24 jam. Dimana yang ditugaskan untuk menungganginya adalah Alex Wurz, Nicolas Lapierre, Kazuki Nakajima, Anthony Davidson, Sebastien Buemi dan Stephane Sarrazin yang telah dipercaya Toyata selama tiga tahun berturut-turut.

Untuk diketahui bahwa Toyota TS040 Hybrid prototype ini telah dirancang menyesuaikan dengan peraturan yang baru seperti yang ditetapkan dalam WEC dan Le Mans yang dilengkapi dengan teknologi yang relevan.

Rencananya mobil hybrid ini pertama kali akan dipamerkan ke public dalam sesi tes trek resmi yang akan diselenggarakan di tanggal 28-29 Maret 2014. Tidak hanya Toyota saja, karena mobil balap hybrid prototipe yang dimiliki oleh Audi dan Porsche juga akan dipamerkan untuk pertama kalinya.

Dari informasi yang didapatkan bahwa Toyota telah mengembangkan hibrida all-wheel-drive (AWD) yang digabungkan dengan mesin bensin V8, baik yang dikembangkan di Motor Sports Unit Development Division yang ada di Higashifuji technical centre.

Bahkan di tempat ini mobil hybrid juga dikembangkan dengan berpenumpang. Ditambah lagi sasis TS040 ini dirancang, dibangun, diproduksi serta dioperasikan oleh pihak TOYOTA Motorsport GmbH (TMG) di Cologne. Dimana sasis tersebut diklaim memiliki evolusi besat dari generasi TS30 hybrid. Kabarnya sasis ini lebih ringan dan juga aerodinamis.(Galang Kenzie Ramadhan- www.harianindo.com)