VGA Laptop Terbaru dari NvidiaCalifornia – Mobile gaming adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus tidak. Mengapa demikian? Bisa bermain game-game berat di sebuah laptop yang bisa di bawa kemana saja memang asyik, namun jika harus membawa laptop yang tebal, berat, dengan bateri yang cepat habis sehingga harus bingung mencari sumber listrik, tentu malah menjadi merepotkan dan melelahkan. Hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh konsumen/gamer, namun juga oleh pabrikan komputer.

Salah satu yang peduli dengan hal itu adalah pabrikan kartu grafis terpopuler, Nvidia. Seperti dilansir dari Digital Trends (Rabu, 12/3/2014), Nvidia telah mengumumkan satu barisan produk baru GPU (atau lebih dikenal dengan VGA) untuk laptop yang tidak hanya berperforma tinggi, namun juga “mengawetkan” energi baterai. Produk tersebut dinamai dengan seri GeForce GTX 800M. Seri ini terdiri dari (urutan mulai dari yang paling atas) 880M, 870M, 860M, 850M, 840M, dan 830M. Enam VGA baru tersebut bergabung dengan 820M yang telah lebih dulu dibuat. Pihak Nvidia mengatakan bahwa GeForce GTX 880M, 870M, 860M, dan 850M merupakan barisan VGA untuk “hardcore gaming”.

Nvidia mengatakan bahwa seri GeForce GTX 800M ini akan memiliki performa yang lebih baik dari produk-produk sebelumnya, dan memiliki fitur Battery Boost, gameStream, dan ShadowPlay. Battery Boost mampu secara signifikan memperpanjang umur energi baterai laptop, dengan cara mengefektifkan penggunaan energi untuk memperoleh performa game yang optimal. Sementara itu, GameStream merupakan fitur untuk “menyiarkan” permainan melalui sebuah alat semacam SHIELD yang dikembangkan oleh Nvidia. Adapun fitur ShadowPlay memberikan laptop anda fungsionalitas semacam DVR, yang mampu untuk menyimpan/merekam permainan game anda selama kurang lebih 20 menit, sehingga dapat kemudian di-share di media internet. Ya, GameStream dan ShadowPlay kurang lebih sama.

Laptop yang dilengkapi dengan VGA Nvidia seri GeForce GTX 800M sudah bisa didapatkan di pasaran sejak Rabu (12/3) kemarin. Salah satu produk yang mengaplikasikan VGA ini adalah laptop game terbaru keluaran Maingear, yakni Pulse 14. (Rani Soraya – www.harianindo.com)