Joystik Xbox One Kompatibel dengan KomputerWashington – Telah beredar rumor yang mengatakan bahwa joystik Xbox One tidak bisa dipakai bermain di PC berbasis Windows. Sebuah rumor yang aneh mengingat Windows dan Xbox sama-sama dikembangkan oleh Microsoft. Terkait hal tersebut, petinggi Microsoft pun angkat bicara. Seperti dilansir dari Polygon (Jumat, 14/3/2014), Director of Product Management dari Microsoft, Albert Penello, mengkonfirmaasi bahwa rumor tersebut salah, dan joystik Xbox One bisa dimainkan di PC berbasis Windows.

Penello menanggapi hal tersebut terutama karena beredar rumor bahwa Microsoft sedang mengembangkan sebuah joystik game yang spesifik untuk PC Windows, serta rencana untuk”mengkunci” kompatibilitas joystik Xbox One hanya untuk konsol itu saja

Penello mengungkapkan bahwa hal tersebut 100% salah. Jika driver joystik Xbox One sudah tersedia, tentu joystik tersebut bisa digunakan di PC/Laptop berbasis Windows. Dia menekankan bahwa tidak ada rencana untuk membuat joystik baru, yang sama sekali terpisah hanya untuk komputer Windows. Penello juga mengatakan bahwa joystik Xbox One akan sama seperti pendahulunya Xbox 360, sama-sama bisa digunakan di komputer Windows.

Penello meneruskan penjelasannya dengan mengatakan bahwa kontroler Xbox One akan bisa digunakan di komputer Windows dengan menggunakan kabel, berbeda dengan yang seharusnya yang wireless. Mengenai apakah Microsoft akan mengimplementasikan kompatibilitas wireless untuk kompoter Windows masih menjadi pembahasan di perusahaannya.

Penello menutup penjelasannya dengan mengatakan bahwa tidak ada update terbaru terkait masalah joystik sampai saat ini. Rencana untuk pengembangan kompatibilitas joystik Xbox One ini akan dijalankan tahun ini, dan bila terdapat perkembangan baru, tentu pihak Microsoft akan segera mempublikasikannya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)