Microsoft Perkenalkan Direct X12 pada Ajang GDC 2014San Fransisco – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, memperkenalkan Direct X12 pada ajang Game Developers Conference (GDC) 2014. Seperti dilansir dari Gamespot (Kamis, 20/3/2014), versi terbaru grafis API tersebut ditargetkan akan launching untuk para developer pada masa liburan 2015.

Pada sesi presentasi tersebut, Microsoft menunjukkan sebuah demo yang memperlihatkan game Forza Motorsport 5 untuk Xbox One, namun dijalankan dengan PC yang ditenagai oleh kartu grafis NVIDIA GeForce Titan Black. Dalam PC tersebut sudah terdapat Direct X12. Adapun Direct X12 akan memperkenalkan versi terbaru dari Direct3D. Microsoft mengatakan bahwa Direct3D ini telah dibuat sedemikain rupa hingga mampu bekerja lebih cepat dan lebih efisien dari yang pernah ada sebelumnya.

Microsoft mengatakan bahwa Direct3D 12 mampu memperlihatkan animasi yang lebih kaya, lebih banyak objek bisa tertangkap dengan detail, dan mampu memanfaatkan seluruh potensi dari GPU modern saat ini. Direct3D 12 tidak hanya berguna untuk permainan video game yang high-end saja, namun bisa digunakan untuk semua produk device keluaran Microsoft, mulai dari telepon seluler, tablet, laptop, pc, dan tentu saja Xbox One. Direct X12 juga memperkenalkan fitur baru berupa sebuah skema rendering yang oleh Microsoft sebut mampu meningkatkan efisiensi algoritma secara dramatis.

NVIDIA mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja bersama tim pengembang Direct X di Microsoft untuk mengembangkan Direct X12. NVIDIA juga telah menyediakan driver dan development kit untuk DX12 yang digunakan oleh lebih dari 15 developer game. (Rani Soraya – www.harianindo.com)