Foxconn Technology GroupWaterloo – BlackBerry Kanada diberitakan baru saja menutup salah satu kantornya di Waterloo, Kanada. Kantor tersebut sebelumnya adalah milik dari divisi pengembangan produk. Seperti dilansir dari Phone Arena (Jumat, 21/3/2014), diketahui sebanyak 90 orang karyawan dan karyawati yang bekerja di kantor tersebut mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Sebelumnya raksasa smartphone asal Kanada ini memecat 120 karyawan dari divisi pengembangan teknologi nirkabel.

Alasan dibalk pemencatan ini adalah kontrak perjanjian dengan Foxconn. Setelah melakukan perjanjian dengan Foxconn, BlackBerry akan melakukan pengembangan produk dengan perusahaan ini. Belum ada pernyataan resmi dari Foxconn perihal penutupan kantor ini. Foxconn yang memiliki nama lengkap Foxconn Technology Group adalah perusahaan berbasis teknologi yang memilki kantor pusat di New Taipei, Taiwan. Perusahaan ini bukanlah pemain baru karena tercatat sudah berdiri sejak 1974 silam.

Divisi pengembangan milik BlackBerry yang telah ditutup ini berisi karyawan-karyawan yang sebelumnya sukses menghasilkan beberapa produk andalan BlackBerry seperti BlackBerry Bold, BB10, serta BB Z10. Pemecatan nampaknya kini menjadi biasa di BlackBerry yang dalam beberapa tahun ini tengah mengalami masa-masa tersulitnya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)