Jadwal & Prediksi Athletic Bilbao VS Getafe, Amankan Posisi Empat BesarBilbao – Athletic Bilbao akan kembali bermain di kandang mereka, San Mames Stadium, setelah dalam dua pekan terakhir menjalani laga tandang di Mestalla dan El Madrigal yang keduanya berakhir dengan skor imbang. Seperti dilansir dari Liga BBVA (Jumat, 21/3/2014), Athletic akan menjamu Getafe pada Minggu (23/3) dinihari nanti pukul 04.00 WIB.

Dengan kompetisi La Liga yang tinggal menyisakan kurang dari sepuluh laga, Athletic kini menghadapi masa krusial untuk mempertahankan posisi empat besar guna mendapatkan tiket ke ajang Liga Champions musim depan. Saat ini mereka masih unggul sepuluh poin dari Real Sociedad di peringkat kelima. Athletic juga akan tampil penuh percaya diri dan akan sulit ditaklukkan di San Mames, tercatat saat berlaga di stadion yang baru mereka tempati sejak awal musim ini Athletic baru satu kali takluk oleh Espanyol pada bulan lalu. Apalagi Getafe saat ini juga masih tampil angin-anginan dan tercecer di posisi tujuh belas, hanya terpaut 2 poin dari zona degradasi.

Ernesto Valverde, pelatih Athletic Bilbao, tidak bisa menurunkan striker andalan Aritz Aduriz yang masih menjalani hukuman penalti. Kemungkinan posisi striker akan diisi oleh Guillermo Fernandez atau Gaizka Toquero, dua pemain muda yang menjadi opsi di lini depan. Sedangkan pemain lain dalam kondisi fit dan siap untuk dimainkan.

Sedangkan dari kubu tim tamu tampaknya akan makin kesulitan untuk mengakhiri tren negatif, yang dalam tiga belas pertandingan terakhir belum merasakan satu kemenangan pun. Apalagi setelah melawan Athletic, Getafe akan menjalani laga tandang di Mestalla, Camp Nou dan Ramon Sanchez Pizjuan yang membuat baying-bayang degradasi makin nyata di hadapan Getafe. Masalah utama skuat Getafe bukanlah pada cederanya pemain, namun lebih ke tekanan mental yang terus-menerus mereka hadapi.

Jika melihat dari kondisi kedua klub di atas, Athletic tampaknya akan lebih diunggulkan untuk keluar sebagai pemenang dalam duel ini dengan unggul dua gol atau lebih. (Choirul Anam – www.harianindo.com)