FA Undur Jadwal Kick-Off untuk Peringati 25 Tahun Tragedi HillsboroughLiverpool – Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) kemarin (Jumat, 21/3/2014) telah mengumumkan pernyataan terkait rencana penundaan waktu kick-off pada bulan April, dalam rangka memperingati 25 tahun tragedi Hillsborough.

Seperti dilansir dari The Telegraph (Jumat, 21/3/2014), seluruh pertandingan di bawah naungan FA, yaitu dalam ajang Piala FA, Liga Premier Inggris, dan konfrensi pers akan diundur selama tujuh menit dari jadwal normal. Satu menit sebelum kick-off akan dilakukan minute of silence (mengheningkan cipta) di semua stadion yang akan menggelar pertandingan.

Hal tersebut sebagai bentuk untuk memperingati dan sebagai tanda penghormatan kepada 96 nyawa supporter Liverpool yang meninggal dunia akibat terhimpit pagar pembatas di semi final FA Cup saat Liverpool bertemu dengan Nottingham Forest pada 15 April 1989.

Pada saat itu insiden terjadi enam menit setelah pertandingan dimulai, tepatnya pada pukul 15.06 waktu setempat, yang memaksa wasit memutuskan untuk menghentikan pertandingan akibat situasi yang makin tidak kondusif dan karena banyak penonton (dari berbagai umur dan gender) yang dalam kondisi terjepit, setelah sekitar lebih dari 25 ribu supporter Liverpool memaksa untuk masuk ke dalam stadion Hillsborough di Sheffield, Inggris.

Musim ini semi-final Piala FA akan digelar di Stadion Wembley, beberapa hari sebelum peringatan tragedi tersebut. Semi-final Piala FA pertama yaitu antara Arsenal dan Wigan pada 12 April akan dimulai Sabtu pukul 15.07, dengan mengheningkan cipta antara 15.06-15.07. Dalam partai semi-final kedua antara Sheffield United dan Hull City akan dimulai Minggu pukul 16.07.

Selain jadwal Piala FA, seluruh jadwal pertandingan antara Jumat 11 April – Senin 14 April akan dimulai dengan diundur tujuh menit dari jadwal normal. Salah satunya adalah pertandingan Liga Premier yang mempertemukan Liverpool dan Manchester City di Anfield pada Minggu, 13 April 2014, yang akan dimulai pukul 13.37. (Choirul Anam – www.harianindo.com)