50 Game Berbasis Engine Unity untuk Nintendo Wii USan Fransisco – Dedengkot industri game asal Jepang, Nintendo, telah mengumumkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 50 judul game untuk Wii U yang dikembangkan dengan menggunakan Unity Game Engine. Seperti dilansir dari Gamespot (Minggu, 23/3/2014), Nintendo telah menunjukkan sembilan game berbasis Unity tadi dalam ajang Game Developer Conference (GDC) 2014 di San Fransisco, Amerika Serikat. Mereka mengatakan bahwa dalam dua bulan ke depan terdapat 17 judul game yang telah siap untuk dirilis.

Senior Manager of Marketing dari divisi lisensi Nintendo Amerika, Damon Baker, mengatakan bahwa setelah ini, pihaknya telah memiliki 50 judul game baru yang siap dirilis untuk Wii U, sehingga Nintendo akan mendapat konten Unity lebih banyak ke depannya. Adapun jumlah game berbasis Unity yang demikian banyak untuk Wii U adalah buah kerjasama antara Nintendo dengan Unity Technology yang dibuat pada 2012 lalu. Dalam perjanjian tersebut, Nintendo mendapatkan hak untuk mendistribusikan platform pengembangan dari engine game Unity tadi, kepada seluruh pengembang game baik dari dalam perusahaannya sendiri maupun studio luar yang memiliki keterikatan/kerjasama dengan Nintendo.

Unity Game Engine merupakan salah satu “alat” pengembangan game yang paling populer di antara pengembang game independent/indie. Nintendo terlihat banyak membahas Unity pada sesi mereka di GDC. Wakil presiden divisi lisensi dari Nintendo Amerika, Steve Singer, mengatakan bahwa pihaknya ingin mendemonstrasikan kepada para pengembang game tentang bagaimana mudahnya menggunakan Unity Game Engine untuk membawa dan menuangkan ide-ide kreatifnya ke dalam konsol-konsol Nintendo.

Damon Baker juga mengatakan bahwa pihaknya sedang berpikir untuk menambahkan dukungan Unity tadi untuk Nintendo 3DS. Dia menambahkan bahwa banyak pengembang game yang tertarik untuk bermain di konsol tersebut, sehingga tentunya, Nintendo tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)