Kapal China Mencari Puing Pesawat MH370 di Area baruCanberra – Kapal milik China sedang melakukan pencarian di wilayah baru dari Samudera Hindia untuk meneliti kembali objek-objek yang diduga puing pesawat Malaysia Airlines. Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 29/3/2014), Australian Maritime Safety Authority (Amsa) mengatakan bahwa kapal tersebut telah terlihat di lokasi sedang berusaha mendapatkan objek-objek tadi.

Adapun pesawat terang juga mulai melakukan pencarian di wilayah baru, sekitar 1.100km ke arah timur laut dari wilayah sebelumnya. Lima pesawat telah berhasil menemukan objek-objek dengan berbagai warna mengapung di Samudera Hindia pada Jumat kemarin (28/3). Amsa mengatakan bahwa pesawat Orion milik Royal New Zealand Air Force telah menemukan beberapa objek dengan warna putih atau warna cerah lain serta pelampung memancing. Ketika berusaha dipastikan kembali, ditemukan juga dua objek berwarna antara biru dan abu-abu berbentuk segi empat. Objek-objek tersebut tentu tidak bisa diketahui sebelum diambil secara langsung oleh kapal untuk kemudian diteliti.

Kapal China, Haixun 01, diturunkan untuk mengambil objek-objek tadi sejak pagi hari ini. Pencarian melalui pesawat juga akan dilanjutkan hari ini. Adapun cuaca buruk telah menghambat upaya pencarian dalam beberapa hari terakhir. Kondisi hari ini terlihat baik untuk melakukan pencarian. Adapun fokus pencarian sampai Jumat lalu (28/3) berfokus pada area seluas 2.500km, sebelah barat daya Perth. Pergeseran pencarian ke lokasi baru tersebut merupakan hasil dari analisa data radar terbaru. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)