Windows 8.1 Update 1 telah Tersedia, Bisa Didapatkan dengan Download via Windows UpdateWashington – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, telah merilis Windows 8.1 pada Oktober tahun lalu. Dan seperti dilansir dari Digital Trends (Selasa, 8/4/2014), operating system terbaru tersebut telah mendapat update pertamanya.

Windows 8.1 Update 1 telah tersedia saat ini. Pengguna Windows 8.1 bisa menggunakan Windows Update untuk segera mendownload dan kemudian menginsatallkannya kepada komputer atau laptopnya. Dan jika update tersebut belum muncul atau tersedia pada Windows Update anda, maka jangan kuatir. Microsoft sedang berproses untuk mendistribusikan update tersebut ke seluruh dunia, sehingga memang perilisan update ini tidak dilakukan serentak. Microsoft menjanjikan bahwa dalam waktu dekat update tersebut bisa segera didapatkan di seluruh dunia.

Update 1, yang telah dirumorkan sejak sebulan yang lalu, diperkenalkan secara remsi pada ajang Microsoft Build 2014 yang diadakan minggu lalu. Pada acara tersebut, Microsoft mengkonfirmasi beberapa pembaharuan yang isunya sempat berhembus di dunia maya. Beberapa perubahan dari Windows 8.1 Update 1 antara lain:

  • Boot langsung ke Desktop: seperti yang telah dirumorkan, Windows 8.1 Update 1 akan memungkinkan pengguna untuk melakukan boot dan resume langsung menuju desktop klasik UI (User Interface) windows. Hal tersebut tentu disambut baik oleh seluruh pengguna, mengingat tampilan awal Windows 8 (disebut dengan Modern UI), yang berupa sekumpulan ikon kotak-kotak, ternyata tidak begitu populer sejak diperkenalkan pada 2012 lalu.
  • Perubahan pada Taskbar: dengan Update 1, anda dapat menggunakan program desktop dan aplikasi Windows Store dari desktop klasik UI. Aplikasi-aplikasi dari Windows Store juga akan dapat bekerja pada Taskbar desktop, dan sebuah tombol. Ikon baru pada Taskbar memungkinkan anda untuk langsung mengakses Windows Store tanpa harus masuk dulu ke Modern UI. Dalam Update 1 ini anda juga bisa mengakses taskbar menggunakan aplikasi Modern UI, dengan menggerakkan mouse ke bagian bawah layar.
  • Pembaharuan pada tampilan Start dari Modern UI: Tampilan Start dari Modern UI juga mendapat pembaharuan, termasuk di antaranya tombol Power dan Search. Dengan disediakannya tombol Power ini, juga memudahkan pengguna untuk mematikan (shutdown) komputernya tanpa harus masuk ke menu Charms. Adapun jika anda menginstalkan sebuah aplikasi Modern, maka aplikasi tersebut akan muncul di layar tampilan Start dengan label “New”, atau baru.

Di luar perubahan-perubahan tersebut, dalam ajang Build 2014, Microsoft juga menyampaikan keinginan untuk memunculkan kembali tampilan lama dari tombol Start Menu. Namun demikian, tampilan tersebut tidak tampak pada Windows 8.1 Update 1. Spekulasi yang beredar, bentuk tampilan Start Menu tadi kemungkinan akan dimunculkan pada Windows 9, yang sekali lagi, dirumorkan akan rilis setahun mendatang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)