Samsung Perkenalkan Hard Disk Eksternal Berfitur WirelessSeoul – Memindahkan-mindahkan file dan media berukuran besar, serta melakukan back-up data dari komputer atau laptop saat ini telah semakin mudah dengan adanya teknologi hard disk eksternal. Namun ternyata, muncul sebuah permasalahan, yaitu, bagaimana jika di dalam hard disk eksternal tersebut terdapat file-file yang dimiliki oleh beberapa orang sekaligus, dan mereka sedang membutuhkannya dalam waktu bersamaan. Memasang-copot hard disk eksternal dari satu komputer ke komputer lain tentu akan memakan waktu lama dan kurang efisien. Oleh karena itu, beberapa perusahaan teknologi dunia telah mengembangkan teknologi hard disk yang siap menjawab pertanyaan tersebut, salah satunya adlah Samsung.

Seperti dilansir dari Ubergizmo (Senin, 12/5/2014), Samsung telah memperkenalkan Samsung Wireless Hard Drive, sebuah hard disk eksternal berfitur wireless. Selain tentu memiliki kabel dan port USB 3.0 dan 2.0 (untuk mengisi baterainya), Samsung Wireless Hard Drive juga mampu ‘menciptakan’ Wi-Fi Spot-nya sendiri yang bisa menerima maksimal lima komputer, laptop, bahkan smartphone atau tablet. Koneksi Wi-Fi ini tidak memerlukan adanya jaringan/koneksi internet.

Samsung Wireless Hard Drive akan diluncurkan dengan kapasitas 1,5TB. Samsung memperkirakan bahwa kapasitas tersebut mampu digunakan untuk menyimpan 720 film, 375 ribu MP3, dan 425 ribu foto, angka-angka yang tentu sangat relatif. Produk ini akan dilepas di pasar dengan harga $ 179, atau sekitar Rp 2 jutaan.

Tidak jelas apakah Samsung akan menyediakan Wirelless Hard Drive tersebut dengan kapasitas yang lebih besar. Namun demikian, kapasitas 1,5TB dirasa cukup besar untuk pengguna rata-rata. (Rani Soraya – www.harianindo.com)