Puing di Pantai Barat Australia Bukan Berasal dari MH370

Foto dari Australian Defence Force

Perth – Baru-baru ini diberitakan bahwa telah ditemukan puing-puing mencurigakan di pantai barat Australia. Dan seperti dilansir dari BBC (Kamis, 24/4/2014), penelitian lebih lanjut oleh tim penyidik mengatakan bahwa material tersebut bukan berasal dari pesawat MH370.

Australian Transport Safety Bereau (ATSB), telah memeriksa foto-foto dari puing-puing tersebut, yang telah ditemukan oleh masyarakat di sekitar pantai tersebut, yang berada di dekat kota Augusta, sekitar 300km selatan Perth.

Dalam laporan tersebut, material metalik tersebut berukuran panjang sekitar 2,5 meter. Dengan pemeriksaan yang lebih mendalam, pimpinan ATSB, Martin Dolan, mengatakan bahwa material tersebut bukan berasal dari pesawat MH370.

Dolan mengatakan awalnya sempat antusias ketika akan memeriksa puing tersebut, namun semakin dilihat, keantusiasan tadi semakin menghilang, karena fakta bahwa puing tersebut bukan berasal dari MH370 semakin jelas.

Foto-foto tersebut pun telah dikirim ke otoritas Malaysia. Adapun pihak Malaysia sendiri sedang melakukan investigasi tentang penyebab menghilangnya, latar belakang pilot, kru, dan penumpang di dalamnya, sementara untuk usaha pencarian puing kapal, dilakukan oleh Joint Agency Co-ordination Center (JACC) di Australia.

Untuk perkembangan terkini, perdana menteri Australia, Tony Abbott, mengatakan bahwa jika pencarian bawah laut dengan robot ini tidak berhasil, maka strategi baru akan segera disusun. Pihak Australia mengatakan bahwa mereka sedang berkonsultasi dengan Malaysia, China, dan Amerika Serikat untuk menyusun strategi pencarian tahap berikutnya, dan tentu akan segera dilaksanakan jika pencarian bawah laut tadi telah resmi dinyatakan gagal. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)