Tito Vilanova Meninggal Dunia di Usia 45 Tahun

Tito Vilanova (Kanan)

Barcelona – Berita duka kembali menyelimuti dunia sepakbola. Mantan pelatih Barcelona, Tito Vilanova, diberitakan tutup usia setelah operasi darurat yang dilakukan terhadapnya berujung kegagalan. Seperti dilansir dari Sidney Morning Herald (Sabtu, 26/4/2014), Vilanova tengah menjalani perawatan akibat kanker yang dideritanya. Mantan asisten Pep Guardiola ini meninggal pada Jumat (25/4/2014) sore waktu setempat.

Vilanova sebenarnya sudah berada di rumah sakit dalam beberapa jari kebelakang akibat kondisi kesehatannya yang tiba-tiba memburuk. Kemarin Vilanova didampngi oleh Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, hingga akhir hidupnya. Bartomeu mengungkapkan jika kompatriotnya tersebut masih berjuang untuk sembuh bahkan di saat-saat terakhirnya.

Ucapan duka dari beberapa tokoh sepakbola pun berdatangan. Salah satunya dari Michel Platini selaku Presiden UEFA.

“Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kepegian Tito Vilanova. Ia adalah sosok hebat dan fantastis yang akan selalu dikenang atas kerja kerasnya di FC Barcelona,” ungkap mantan punggawa Timnas Perancis tersebut.

Vilanova turut ambil bagian dalam pengembangan beberapa pemain yang kini bersinar di jagat sepakbola seperti Lionel Messi, Cesc Fabregas, dan Gerard Pique. (Choirul Anam – www.harianindo.com)