Pilot Helikopter Ukraina Terbunuh di Kota Sloviansk

Pasukan militer Ukraina sedang berjaga membentuk barikade.
Foto dari AP

Kiev – Perkembangan terbaru mengenai operasi militer anit teror di Ukraina mengatakan bahwa milisi pro-Rusia telah menembak jatuh dua helikopter militer Ukraina, dengan satu orang pilot meninggal dunia, satu pilot ditangkap, dan beberapa lainnya terluka. Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 2/5/2014), dikabarkan bahwa milisi pro-Rusia menggunakan senjata berat untuk menyerang unit khusus militer Ukraina.

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, mengatakan bahwa peperangan nyata melawan tentara bayaran profesional tengah terjadi. Hal tersebut terbukti dengan lihainya kelompok tersebut menggunakan senjata berat untuk menjatuhkan dua helikopter tadi. Adapun dilaporkan bahwa kelompok pro-Rusia melancarakan serangannya dengan berlindung di area pemukiman yang dipenuhi oleh penduduk sipil. Peperangan tersebut lebih banyak terjadi di daerah pinggiran kota. Avakov mengumumkan bahwa serangan dalam bentuk apapun terhadap pasukan Ukraina akan berakibat pada “konsekuensi berat”.

Avakov mengatakan bahwa “fase aktif” operasi militer ini dimulai pada pukul 04.30 waktu setempat. Dirinya juga mengungkapkan bahwa operasi ini melibatkan pasukan militer reguler dalam negeri dan Garda Nasional. Pasukan gabungan ini bergerak menuju wilayah Sloviansk –Kramatorsk. TV pemerintah Ukraina, channel Rossiya 24, mengatakan bahwa saat ini kota tersebut tengah diserbu oleh pasukan pemerintah.

Pemimpin milisi di Sloviansk, Igor Strelkov, mengatakan bahwa kota tersebut saat ini sedang ditutup. Tidak ada laporan lanjutan apakah pasukan militer Ukraina berhasil menjebol barikade kota tersebut atau tidak. Penduduk lokal mengatakan bahwa keadaan di dalam kota relatif tenang meski ketegangan masih terasa. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)