Bus Transjakarta Menggunakan ScaniaJakarta – Apabila nantinya dapat memenangkan tender, sepertinya bus gandeng Scania Euro6 digunakan sebagai armada dari TransJakarta. Dimana nantinya produsen yang berasal dari Swedia ini akan merakit bus gandeng ini bertempat di Indonesia.

Dalam keterangan persnya, bertempat di Pintu Tenggara Monas, Jakarta Pusat, Kamis (8/5/2014), dalam rangka demo bus gandeng Scania, dari pihak Direktur PT United Tractors Tbk (UT) Loudy I. Ellias membenarkan hal tersebut dan nantinya UT akan bersama dengan pihaknya mengasembling di pabrikan Cakung.

Dimana setiap tahunnya diprediksi dapat merakit sekitar 300 unit, walaupun saat ini hanya diperuntukkan bagi bus biasa. Sedangkan untuk karoserinya, akan ada beberapa patner yang akan digandeng.

Diharapkan kedepannya, bus gandeng juga akan dirakit di Indonesia, ungkap Loudy. Sebagai informasi bahwa bus Scania menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan armada dari bus Trans Jakarta. Dengan bekerjasama PT Gemilang Malaysia, bus ini merupakan yang terbaik.

Hal ini dikarenakan sasis yang digunakan adalah aluminium dengan tipe mesin OC09 102 yang dapat menghasilkan tenaga 340 tenaga kuda dan torsi 1.600 Nm. Ditambah lagi bus ini memiliki sistem keamanan yang terbaik dan merupakan sebuah kendaraan yang cukup ramah lingkungan dengan menggunakan standar Euro6 dan semuanya telah diproduksi di Swedia, pungkas Loudy. (Choirul Anam – www.harianindo.com)