Apple Segera Perkenalkan Konsep SmarthomeCalifornia – Setelah sebelumnya sempat dikabarkan telah resmi mengakuisisi Beats Electronic, kali ini Apple dikabarkan tengah bersiap-siap meramaikan kompetisi terkait smarthome atau rumah pintar. Rencananya konsep smarthome yang dibesut Apple akan diperkenalkan ke publik dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) yang akan digelar di San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 2-6 Juni esok.

Seperti dilansir dari Ubergizmo (Jumat, 30/5/2014), konsep smarthome adalah salah satu upaya Apple untuk menandingi Samsung, yang telah dikenal menjadi kompetitor setia Apple, telah lebih dulu merilis konsep rumah pintarnya yang dapat terhubung ke berbagai piranti bergerak. Samsung telah memperkenalkannya pada event CES2014 di Las Vegas pada awal tahun silam. Teknologi yang diusung Samsung tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan TV, penyejuk udara, kulkas ataupun mesin cuci lewat smartphone Samsung yang telah diinstal aplikasi khusus.

Sementara teknologi smarthome yang akan dihadirkan Apple kurang lebih sama dengan yang telah lebih dulu diperkenalkan Samsung, yaitu dengan pengoperasian perlengkapan rumah tangga dengan bantuan iPhone. Nantinya akan ditunjuk sejumlah partner untuk mengembangkan perangkat rumah tangga khusus tersebut, namun Apple tampaknya masih enggan untuk membeberkan siapa saja manufaktur yang akan digandeng dalam pengembangan konsep smarthome.

Sejatinya Apple sudah memberikan isyarat ketertarikannya mengembangkan konsep smarthome sejak Juni 2012. Saat itu Apple dikabarkan telah membeli paten untuk teknologi yang dapat terhubung ke jaringan pencahayaan, sekuritas, perangkat musik, bahkan peralatan di dapur. Namun sayangnya Apple tidak segera merealisasikan konsep itu hingga akhirnya ditikung lebih dulu oleh Samsung. (Choirul Anam – www.harianindo.com)