Tentara AS Dibebaskan Taliban, Tiba dengan Aman di JermanWashington – Tentara Amerika Serikat (AS) yang dibebaskan oleh Taliban Afghanistan dikabarkan telah tiba dengan aman di Jerman. Tentara bernama Boew Bergdahl tersebut dibebaskan oleh Taliban dalam sebuah kesepakatan pertukaran dengan lima orang anggota Taliban yang ditahan oleh pihak AS. Kelima orang anggota senior Taliban tersebut sebelumnya ditahan di penjara Guantanamo.

Tentara berpangkat sersan tersebut dilaporkan sudah tiba di markas militer AS di Jerman. Bergdahl dibebaskan setelah ditahan selama hampir lima tahun.

Tentara AS Dibebaskan Taliban, Tiba dengan Aman di Jerman

Bergdahl saat ditahan Taliban Afghanistan.
(Sumber foto: AFP)

Seperti dilansir dari Washington Post (Senin, 2/6/2014), Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, mengatakan bahwa pihak AS menyambut baik kebebasan Bergdahl. Hagel juga mengungkapkan kepada pers bahwa keputusan AS untuk melakukan pertukaran tahanan ini dikarenakan kondisi kesehatan Bergdahl yang dikabarkan semakin memburuk. Kondisi kesehatan Bergdahl dikatakan ‘sedang dalam kondisi bahaya’.

Penasehat Keamanan Nasional AS, Susan Rice, mengatakan bahwa pertukaran ini merupakan tanggung jawab Pemerintah AS untuk melindungi keselamatan warga negaranya. Rice mengatakan bahwa membawa Bergdahl pulang ke rumah merupakan tanggungjawab suci dari AS.

Adapun meski sempat beberapa kali muncul di media, kedua orang tua Bergdahl, Bob dan Jani, mengaku belum sempat berkomunikasi dengan puteranya tersebut. Pihak keluarga Bergdahl juga disarankan untuk bersiap-siap menghadapi kemungkinan beberapa ‘gangguan’ dari Bergdahl, seperti kesulitan berbahasa Inggris ataupun guncangan psikologis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)