40 Saluran TV Thailand Kembali Siaran di Tengah Kudeta MiliterBangkok – Komisi Penyiaran Nasional (NBC) Thailand telah menetapkan bahwa 40 saluran TV di sana akan kembali siaran. Keputusan tersebut diperolah setelah NBC menyepakati ketentuan Dewan Nasional (NCPO) Thailand pada Senin kemarin (2/6).

Seperti dilansir dari Bangkok Post (selasa, 3/6/2014), saluran TV yang diberi ijin untuk kembali mengudara adalah saluran hiburan. Saluran tersebut di antaranya adalah Cartoon Club, Gang Cartoon, Jimjam, dan Animax.

Kembalinya tayangan televisi di Thailand merupakan langkah yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Karena pada dasarnya, penguasa militer yang saat ini mengendalikan Thailand ingin menciptakan kondisi keseharian yang senormal mungkin, sehingga kehidupan masyarakat sipil bisa berjalan seperti biasa.

Adapun rencananya siaran berita juga akan menyusul ditayangkan. Siaran berita ini kemungkinan besar akan melalui proses sensor sebelum ditayangkan. NCPO juga telah meminta NBC untuk meneliti dan memfilter konten dari saluran teelvisi yang akan mengudara sebelum benar-benar diloloskan untuk tayang di Thailand.

Setelah militer bergerak untuk melakukan kudeta pada 22 mei 2014 lalu, sejumlah saluran televisi dilarang siaran. Nemun demikian, pelarangan tersebut tidak diberlakukan untuk CNN dan BBC. Hal tersebut dilakukan militer untuik menghindari kemungkinan ‘penyalahgunaan’ media TV untuk propaganda negatif atau provokasi yang dapat memicu aksi protes. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)