Liverpool Umumkan Transfer Emre CanLiverpool – Manuver cepat telah dilakukan The Reds Liverpool untuk memboyong gelandang Bayer Leverkusen ke Anfield. Seperti dilansir dari The Independent (Kamis, 5/6/204), usai memastikan transfer Rickie Lambert, The Reds juga mengumumkan kepindahan Emre Can dengan biaya transfer senilai 12 juta euro.

Can yang berdarah Turki namun lahir dan berkewarganegaraan Jerman adalah binaan dari akademi Bayern Munchen. Pada musim 2012/13 dirinya sukses mengantar Die Roten menjuarai treble bersejarah meski sering duduk di bangku cadangan. Setelah Pep Guardiola mengambil alih kursi kepelatihan, Can akhirnya dilepas ke Bayer Leverkusen. Meski demikian, klausul pembelian kembali Can yang ada di kontraknya menunjukkan raksasa Jerman tersebut berniat untuk membeli kembali Can.

Namun hal tersebut sepertinya hanya menjadi mimpi. Pasalnya klausul tersebut tidak berlaku jika Can pindah ke klub di luar Bundesliga. Pemain internasional U-21 Jerman ini pun diprediksi akan menjadi pemain andalan di Anfield.

Berbekal ilmu setelah menimba ilmu selama 4 tahun di Bayern, Can memiliki kemampuan untuk bertahan dan menyerang sama baiknya. Atributnya memang cocok menjadi seorang deep-lying midfielder. Hal ini cocok untuk menghapus ketergantungan Brendan Rodgers pada sosok Steven Gerrard.

Dalam jangka pendek Can mungkin hanya akan menjadi opsi rotasi bagi Rodgers. Namun dalam beberapa tahun ke depan pemain ini bisa menjadi pemain yang tak tergantikan. (Choirul Anam – www.harianindo.com)