Apple Rilis Program MFi Untuk Headphone yang Mendukung Lightning ConnectorCalifornia – Apple dikabarkan telah mengumumkan program baru bernama MFi (Made For iOS devices, seperti iPhone, iPad dan iPod) yang memungkinkan produsen headphone membuat produk yang dapat langsung terkoneksi ke berbagai perangkat iOS melalui lightning port. Artinya konektivitas headphone yang biasanya menggunakan jack headphone berdiameter 3,5mm akan segera diganti oleh lightning port besutan Apple, kesannya akan lebih eksklusif dan Apple menyebut jika output audio yang dihasilkan juga akan lebih maksimal.

Seperti dilansir dari NDTV (Kamis, 5/6/2014), Apple menjanjikan bersamaan dengan dirilisnya program MFi, nantinya update software audio ini akan disediakan untuk iOS versi 7.1 hingga terbaru. Headphone yang mendukung program MFi ini akan memiliki kemampuan menerima input/output digital audio lossless 48KHz dan mendukung fitur mikrofon. Bagian yang menarik adalah dalam program MFi nantinya headphone akan memiliki remote control seperti tombol iTunes Radio, tombol volume dan tombol standar fitur pemutar musik.

Selain itu nantinya juga akan disediakan Companion App yang akan memudahkan untuk membuka aplikasi yang berkaitan dengan headphone yang telah dikoneksikan dengan perangkat iOS. Program ini tampaknya merupakan salah satu hasil dari akuisisi yang dilakukan Apple terhadap Beats pada bulan lalu, untuk dapat segera mengintegrasikan teknologi yang mereka miliki dengan kualitas audio besutan Beats. (Choirul Anam – www.harianindo.com)