Militan Irak Serbu Universitas, Sandera Mahasiswa dan StafBaghdad – Baru-baru ini, sekelompok militan bersenjata di Irak dilaporkan menyerbu sebuah universitas. Kelompok bersenjata ini pun menyandera beberapa mahasiswa yang tengah berada di kampus tersebut.

Universitas yang menjadi korban serangan ini adalah Anbar University, sebuah kampus yang berada di Kota Ramadi, Provinsi Anbar. Kota ini sendiri telah dikuasai oleh kelompok militan bersenjata.

Sampai berita ini diterbtikan, belum diketahui siapa dan dari kelompok mana pelaku yang melakukan penyerangan tersebut. Namun seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 7/6/2014), berita yang beredar mengatakan bahwa pelaku berasal dari kelompok islamic State of Iraq and the Levant (ISIL).

Telah diketahui bahwa Probinsi Anbar menjadi pusat perlawanan dari kelompok militan terhadap Pemerintah Irak. Pengaruh kelompok Muslim Sunni sangat kuat di daerah ini.

Adapun mahasiswa dan staf Anbar University dikabarkan disandera dan ditahan di dalam asrama. Asrama ini masih berada di dalam lingkungan kampus.

Pihak kepolisian setempat meyakini bahwa kelompok ini memasuki Anbar University melalui Distrik AL-Tasha. Untuk menyulitkan akses petugas keamanan, mereka telah meledakkan jembatan yang menghubungkan gerbang utama dengan kampus tersebut.

Saat ini petugas keamanan telah melakukan isolasi di sekeliling Anbar University. Mereka kini tenagh menyusun strategi, mencari cara terbaik untuk memasuki kampus dan meringkus penyerang tanpa membahayakan nyawa mahasiswa dan staf yang tengah disekap di dalamnya.

Sampai saat ini, serangan kelompok ISIL hampir tidak pernah melibatkan kampus atau lembaga pendidikan apapun. Kelompok ISIL yang memiliki “daerah operasi” di Irak dan Suriah senantiasa berusaha menerapkan syariat Islam dengan ketat di wilayah-wilayah yang mereka duduki. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)