FIFA Jatuhkan Sanksi Kepada Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer Kala Mengangkat Trofi Piala Dunia 1974 di OlympiaStadion Munchen (Sumber Foto: AP)

Zurich – Komisi etik badan tertinggi sepakbola dunia, FIFA, baru saja memberikan sanksi kepada legenda Timnas Jerman dan Bayern Munchen, Franz Beckenbauer. Seperti dilansir dari Daily Mail (Jumat, 13/6/2014), hukuman ini diberikan FIFA terkait dengan tindakan tidak kooperatif Beckenbauer saat diajak bekerja sama untuk membongkar kasus dugaan penyuapan dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia tahn 2022.

Beckenbauer yang memiliki julukan Der Kaiser ini menduduki jabatan sebagai penasehat komite sepakbola FIFA. Menurut Der Kaiser, Michael Garcia selaku ketua tim investigasi kasus suap in sama sekali tak mempunyai kuasa untuk memintanya bekerjeasama. Karena itulah FIFA memberikan hukuman kepada Beckenbauer.

Sebelumnya, Beckenbauer memang telah memberikan komentar pedas perihal terpilihnya Michael Garcia. Peraih trofi Piala Dunia dua kali baik sebagai pemain dan pelatih ini pun dianggap sudah melanggar kode etik pasal 83 ayat 1 yang berisi kewajiban setiap insan sepakbola untuk selalu bersedia dan kooperatif dengan FIFA.

Sang kaisar dari Munchen ini pun dihukum larangan terlibat dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola selama 90 hari terhitung mulai hari Jumat kemarin. (Choirul Anam – www.harianindo.com)