Militan ISIL Tembak Jatuh Heli Militer Irak

Tentara Irak sedang berjaga dari serangan ISIL.
(sumber foto: Reuters)

Baghdad – Perkembangan terbaru dari pertempuran pasuka militer Irak dengan kelompok militan Islamic State in Iraq and the Levant (ISIL) mengatakan bahwa sebuah helikopter milik pasukan militer Irak tertembak jatuh oleh ISIL. Seperti dilansir dari Belfast Telegraph (Selasa, 17/6/2014), helikopter tersebut ditembak di tengah pertempuran antara pasukan pemerintah melawan ISIL di Kota Fallujah.

Laporan dari pejabat setempat mengatakan bahwa dalam pertempuran antara pasukan Pemerintah Irak dengan ISIL di dekat Kota Fallujah, sebelah Barat Baghdad, sebuah helikopter militer Irak tertembak jatuh. Akibat penembakan tersebut dua orang kru heli meninggal pun dunia. Adapun Pemerintah Pusat Irak belum memberikan tanggapan apapun mengenai kejadian ini.

Krisis keamanan Irak semakin memburuk setelah kelompok ISIL berhasil menguasai beberapa kota dan terus memperluas pergerakannya mendekati Ibukota Baghdad. Mereka juga mengancam keselamatan populasi Muslim Syi’ah di seluruh wilayah di Irak. Mereka menyebarkan teror dan provokasinya melalui media sosial internet. Foto-foto pembantaian dan eksekusi terhadap pasukan pemerintah telah mereka sebar di dunia maya.

Perkembangan ISIL tersebut juga mengusik pihak Amerika Serikat. Baru-baru ini, pihak AS pun menurunkan sekitar 275 orang personil militernya untuk mengawal proses relokasi staf Kedutaan Besar AS di Baghdad, mengamankan warga AS, dan aset-aset mereka yang lainnya. Kapal induk USS George HW Bush pun telah di tempatkan di Teluk Irak dengan dikawal beberapa kapal perang lainnya. Penempatan armada laut tersebut dilakukan untuk mendukung operasi pengamanan tadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)