Google Akan Memperkenalkan Android Untuk Mobil Akhir Juni 2014California – Google berhasil dengan sukses memperkenalkan ponsel pintar Androidnya. Kini sepertinya Google akan mulai tertarik di dunia otomotif.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pabrikan otomotif yang telah digandeng oleh Google seperti Audi, General Motors (GM), Honda dan Hyundai.

Seperti yang dikutip dari AutomotiveNews, Rabu (18/6/2014) sistem operasi yang memiliki nama Google Auto Link ini memang sudah dikembangkan sejak Januari 2014 dan kabarnya di akhir bulan ini mulai diperkenalkan ke publik.

Dimana Google Auto Link ini bukanlah sebuah sistem infotaiment yang mandiri, karena nantinya akan digunakan untuk mengontrol sebuah smartphone android. Sistem Auto Link ini sendiri diklaim oleh Google merupakan sebuah sistem cerdas yang lebih aman jika dibandingkan dengan sistem Apple CarPlay.

Sundar Pichai sebagai Wakil Presiden Google mengungkapkan bahwa tidak dipungkiri memang untuk saat ini jutaan orang sudah akrab dengan Android. Sehingga dengan pengintegrasian teknologi mobile dengan mobile membuat pengemudi menjadi lebih aman ketika berkendara.

Sebagai informasi bahwa Google memang sudah meresmikan kerjasama dengan 4 pabrikan mobil seperti General Motors, Audi, Honda dan Hyundai. Dimana nantinya sistem Android dibenamkan ke dashboard mobil.

Selain itu ada perusahaan semikonduktor, Nvidia telah resmi mendirikan Open Automotive Alliance (OAA) yang nantinya akan dibawa ke mobil yang akan dimulai pada tahun 2014, hal ini dikutip dari pernyataan resmi OAA dikutip dari AFP, Selasa (7/1/2014) lalu.

Terkait teknologi yang diperkenalkan oleh Google, sepertinya ia akan bersaing dengan platform iOS yang dimiliki oleh Apple atau Blackberry QNX yang telah bekerja sama dengan pihak produsen mobil yang lainnya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)