Spesifikasi dan Harga Smartphone Amazon Fire Phone

Penampakan Amazon Fire Phone.
(sumber foto: GSM Arena)

Seattle – Amazon telah memperkenalkan produk smartphone pertamanya pada Rabu kemarin (18/6). Smartphone pertama dari perusahaan jual-beli online tersebut dilabeli dengan nama Amazon Fire Phone.

Seperti dilansir dari GSM Arena (Rabu, 18/6/2014), nilai jual utama yang ditonjolkan dari smartphone ini adalah User Interface (UI) unik 3D-nya, yang disebut dengan Dynamic Perspective, serta kemudahan layanan jual-beli via Amazon.com.
Dalam Dynamic Perspective, Fire Phone bisa mendeteksi mata anda dengan empat kamera khusus yang terpasang di bagian depan. Dengan fitur ini, tampilan layar dapat berubah otomatis menyesuaikan jarak mata anda dengan smartphone ini, misalkan tulisan akan otomatis membesar jika Fire Phone dijauhkan begitu pula sebaliknya.

Dynamic Perspective juga terhubung baik dengan fitur gerakan. Anda bisa menggoyang sedikit saja Fire Phone untuk melakukan scroll menu di dalam browser internet anda, sehingga tak perlu harus menggunakan jari lagi.

Fire Phone memiliki layar touchscreen 4,7-inchi IPS beresolusi 720p, prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 yang berjalan di 2,2 GHz, dukungan GPU Adreno 330, RAM sebesar 2GB, pilihan storage 32GB dan 64GB, serta konektivitas 4G LTE. Fire Phone juga memiliki kamera 13-megapixel f/2.0 dengan lensa lima eleman di bagian belakang, dengan fitur penstabil gambar. Untuk urusan suara, dipasangkan dua speaker stereo di bagian depan dengan fitur virtual surround sound.

Bodi dari Fire Phone ini terbuat dari bahan karet. Untuk pengamanan pada layar. Untuk menambah ketahanan, digunakan Gorilla Glass 3 di bagian depan dan belakang bodi. Tombol-tombol pun dibuat dari bahan aluminium.

Amazon Fire Phone akan menjalankan Fire OS 3.5, Operating system ini berbasis Android, namun tanpa dilengkapi layanan Google.
Satu fitur spesial dari smartphone ini adalah Firefly. Satu ilustrasi mengenai Firefly adalah, jika anda memotret sebuah buku, maka Fire Phone bisa mendeteksi judulnya, mencari database di Amazon.com, lalu mengarahkan anda ke halaman pembelian buku tersebut. Fitur ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi judul lagu maupun program televisi.

Dari kelengkapan spesifikasi dan fitur tersebut, Amazon Fire Phone jelas berada di klasifikasi high-end. Amazon pertama kali melepas smartphone ini di pasar Amerika Serikat, dan melabelinya dengan harga mulai dari $646, atau sekitar Rp 7,7 jutaan. Fire Phone telah tersedia secara pre-order, dan akan mulai dikirimkan ke tangan konsumen pada 25 Juli mendatang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)