BlackBerry Passport Segera Rilis September

BlackBerry Passprt dengan fitur tombol fisik QWERTY.
(sumber foto: GSM Arena)

Waterloo – Produk smartphone terbaru dari BlackBerry, Passport, dijadwalkan akan rilis pada bulan September mendatang. Para fans BlackBerry mungkin akan merasa senang mengetahui bahwa tombol QWERTY fisik, yang menjadi trademark BlackBerry, akan kembali dimunculkan.

Seperti dilansir dari GSM Arena (Kamis, 19/6/2014), tidak banyak diketahui bagaimana spesifikasi teknis dari BlackBerry Passport, atau juga dikenal dengan “codename” Windermere. Bagaimanapun spesifikasinya nanti, Passport sangat diharapkan mampu meningkatkan minat konsumen karena tampaknya BlackBerry sangat membutuhkan hal ini untuk menghindari gulung tikar.

Sedikit menengok ke belakang, angka penjualan dan keuntungan yang diperoleh BlackBerry tahun ini telah anjlok dengan sangat signifikan dibandingkan tahun lalu. Pada kuarter pertama tahun lalu, perusahaan asal Kanada tersebut mampu menjual 6,8 juta unit smartphone. Angka tersebut kemudian menurun menjadi 1,6 juta unit pada kuarter pertama tahun ini. Penurunan yang sangat tajam.

BlackBerry akhirnya mampu sedikit meningkatkan profitnya dengan cara menerapkan sistem outsourcing pada beberapa pabriknya. Strategi untuk mengurangi pengeluaran ini diimplementasikan oleh CEO BlackBerry, John Chen, yang juga membantu mengatur kontrak dengan Foxconn, yang bertanggungjawab untuk memproduksi gadget-gadget BlackBerry yang akan datang.

John Chen sendiri diangkat menjadi CEO pada November tahun lalu. Chen membuat BlackBerry fokus kepada pasar usaha dan pengembangan software. BlackBerry juga berhasil memperoleh sukses di pasar berkembang, terutama BlackBerry Z3-nya, di Indonesia. Chen berjanji bahwa smartphone terjangkau dengan fitur touchscreen dari perusahaannya ini akan segera tersedia di pasar Asia seperti India dan Vietnam. (Rani Soraya – www.harianindo.com)