Audi Akan Dukung Aplikasi “Apple CarPlay” Mulai Tahun DepanIngolstadt – Audi, salah satu pabrikan mobil ternama yang berasal dari Jerman, baru-baru ini dikabarkan telah menyepakati kerjasama dengan Apple terkait aplikasi CarPlay yang akan mulai digunakan mulai tahun 2015 dalam tiap kendaraan produksi Audi yang akan mendukung system hiburan. Seperti dilansir dari Apple Insider (Minggu, 29/6/2014), sebelumnya Audi yang telah tergabung sebagai anggota Open Automotive Alliance dengan Google dan beberapa pabrikan mobil lain telah mengumumkan akan mendukung Android Auto pada gelaran konferensi Google I/O pekan lalu. Dalam hal ini, maka kedepannya Audi akan menghadirkan dua OS (Android dan iOS) di setiap mobil keluarannya.

Sejalan dengan hal ini, seorang eksekutif Audi, Prof. Dr. Ulrich Hackenberg juga mengatakan bahwa mobil besutan Audi nantinya tak hanya mendukung aplikasi CarPlay, namun juga Android Auto yang dirilis oleh Google.

CarPlay sendiri sebelumnya telah diperkenalkan Apple pada awal Maret silam. Beberapa pabrikan ternama bahkan telah menyatakan dukungan terhadap aplikasi CarPlay tersebut, namun saat itu nama Audi belum dicantumkan Apple sebagai salah satu partner mereka. Maka dengan ini Audi bersama dengan Honda, Volvo dan Hyundai akan menjadi empat pabrikan yang telah menyatakan dukungan baik terhadap CarPlay besutan Apple dan juga Android Auto besutan Google yang akan tersedia dalam mobil keluaran tahun 2015. (Choirul Anam – www.harianindo.com)