Berita Politik Hari Ini: Menteri Dalam Kabinet Jokowi-JK Harus Bisa Blosokan Ala JokowiSerang – Saat ini memang memasuki tahapan bagaimana nantinya kriteria menteri yang akan masukke dalam cabinet Jokowi-JK masih menjadi perhatian publik. Ditambah lagi saat ini kriteria menteri-menteri telah masuk didalam pembahasan oleh tim transisi Jokowi-JK.

Ketika ditemui wartawan harianindo, di Serang, Banten, Sabtu (30/8/2014), pengamat ekonomi UI, Aris Yunanto mengungkapkan bahwa saat ini memang tim transisi sedang melakukan penggodokan dengan tujuan nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Terlebih lagi nantinya karakter dari para Menteri harus dapat menyesuaikan irama kerja dari Presiden. Tidak hanya memenuhi secara formal dan tertulis saja, namun juga kemampuan untuk blusukan seperti Jokowi juga harus dimiliki.

Disebutkan saat ini tidak banyak kepala daerah yang memiliki karakter blusukan, namun ada beberapa contoh seperti Wali Kota Surabaya, Wali Kota Bandung, Wali Kota Bogor, dan Bupati Kudus. Dengan memiliki karakter ini, tentunya memberikan dampak positif untuk tren pertumbuhan ekonomi lokal. Sehingga jika diterapkan di tingkat nasional dapat memiliki pengaruh yang sama.

Diungkapkan oleh Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto bahwa saat ini komposisi atas pembahasan calon menteri masih dalam bahasan kriteria umum saja. Karena saat ini kompetensi calon menteri yang struktur dan kelembagaannya masih digodok secara bersamaan. Untuk saat ini tim transisi secara spesifik tidak membahas sampai pada tahapan figure-figur tertentu, baik itu putra daerah ataupun kepala daerah berprestasi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)