Konflik Palestina-Israel: Pembicaraan Damai Kembali Dilanjutkan pada Oktober Mendatang

advertisement:


24/09/2014

Konflik Palestina-Israel: Pembicaraan Damai Kembali Dilanjutkan pada Oktober MendatangKairo – Negosiasi antara Israel dan kelompok militan Hamas dari Palestina akan kembali dilanjutkan. Kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan penjadwalan ulang pembahasan perdamaian di antara keduanya pada akhir Oktober mendatang, dan berlokasi di Ibukota Mesir, Kairo.

Penundaan ini sebenarnya sudah banyak diduga oleh banyak kalangan. Dan meski ditunda, perwakilan dari Palestina, yakni Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan beberapa petinggi Hamas, masih berada di Kairo pekan ini. Keduanya akan melakukan pembahasan tersendiri sebagai persiapan untuk melanjutkan negosiasi bersama Israel.

Seperti dilansir dari The Times of Israel (Rabu, 24/9/2014), negosiator perwakilan dari Hamas, Izzat al-Rishq, menuliskan dalam akun Facebook miliknya bahwa pihaknya telah melakukan negosiasi secara tidak langsung, dan setuju untuk melanjutkan perbincangan damai dengan Israel pada akhir Oktober mendatang.

Baca juga
Konflik Palestina-Israel: Militer Israel Tembak Mati Dua Orang Pemicu Perang
Konflik Palestina-Israel: Israel Tangkap 16 Warga Palestina

Adapun Mesir, selain menjadi tuan rumah lokasi negosiasi antara Israel, Palestina, dan Hamas, juga berperan sebagai mediator. Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, juga telah mengkonfirmasi penggantian jadwal ini. Shoukry mengatakan bahwa perundingan di akhir Oktober tersebut merupakan sebuah babak baru dari perundingan damai secara tidak langsung — karena dimediasi oleh Mesir — antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam konflik Gaza.

Selain itu, Rishq juga menuliskan bahwa pihak Palestina mengusulkan bahwa pembicaraan di Oktober nanti akan fokus mengenai upaya rekonstruksi fisik di Gaza, membangun kembali infrastruktur yang hancur, serta pembangunan bandara serta pelabuhan di wilayah Mediterania. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery