Berita ISIS Terkini: ISIS Teroris Terkaya di DuniaBaghdad – Majalah kenamaan, Forbes, baru-baru ini merilis sebuah daftar yang cukup unik, yakni daftar jaringan teroris terkaya yang beroperasi di dunia saat ini. Majalah asal Amerika Serikat (AS) tersebut menempatkan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di nomor satu dalam daftar tersebut, atau dengan kata lain, ISIS merupakan yang paling kaya di antara kelompok-kelompok teroris terkaya lainnya.

Dilansir dari Forbes (Rabu, 12/11/2014), gerakan ekstrimis tersebut dikatakan memperoleh dana untuk melancarkan aksinya dengan berbagai cara. Cara – cara tersebut antara lain menjual narkoba, merampok, hingga melakukan pemerasan terhadap lembaga swadaya masyarakat yang ada di Irak maupun Suriah. Majalah ekonomi tersebut juga melaporkan bahwa ISIS memperoleh dana dari berbagai LSM pendukungnya, badan-badan amal, lembaga keuangan, dan meski tampaknya aneh, dari organisasi pemerintah tertentu.

Adapun Forbes menuliskan bahwa ISIS memiliki kekayaan sekitar US$ 2 miliar, atau kurang lebih sekitar Rp 24,5 triliun, untuk mendanai aksinya di irak maupun Suriah.

Berita terkait ISIS lainnya
Berita ISIS Terkini: Serangan Udara Koalisi Hantam Logistik ISIS
Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Suriah Mulai Rebut Kembali Kobani

Di tempat kedua daftar tersebut, Forbes menempatkan kelompok Hamas yang memiliki daerah pergerakan sekitar Gaza dan Palestina. Kelompok pembebasan Palestina dari cengkraman Israel tersebut diperkirakan mengantongi dana sekitar uS$1 miliar, atau setara dengan Rp 12,1 triliun.

Bagaimana dengan kelompok “legendaris” Al-Qaeda yang telah sangat lama eksis? Kelompok asal Afghanistan yang dibentuk salah satunya oleh Usamah Bin Ladin itu hanya menempati posisi keenam dalam daftar teroris terkaya tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)