Komnas HAM Protes Tidak Dilibatkan Oleh JokowiJakarta – Pihak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan terkait tindakan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal I ni dikarenakan orang nomor satu yang ada di pemerintahan tersebut saat melakukan pemilihan kepala Badan Intelegensi Negara (BIN), tidak melibatkan Komnas HAM.

Dalam keterangan persnya, di kantor komnas HAM, Jakarta, Senin (23/2), Komisioner Subkomisi Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Sandrayati Moniaga mengungkapkan bahwa sebelumnya pihak Komnas HAM selalu dilibatkan dalam pemilihan pejabat negara.

Ditambah lagi hal yang serupa juga terjadi saat pemilihan calon Kapolri. Dengan demikian sudah dua kali Jokowi tidak melibatkan komnas HAM. Padahal dahulu saat aksi program aksi eksklusif NawaCita, Jokowi menggandeng mereka dengan mengamanatkan, HAM menjadi dasar kehidupan berpolitik, berbangsa, dan bernegara.

Diharapkan, saat pemilihan kepala BIN, Komnas HAM diikutsertakan. Karena sebagai pejabat Negara seharusnya tidak memiliki riwayat pernah melakukan pelanggaran HAM, pungkas Moniaga. (Choirul Anam – harianindo.com)