Manfaat Puasa Bagi KesehatanJakarta – Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan jam. Umat Muslim di seluruh dunia menyambut gembira bulan puasa yang penuh berkah tersebut. Namun tahukah anda bahwa menjalankan puasa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rohani namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani?

Seperti dilansir dari laman Bodsky, manfaat-manfaat puasa bagi kesehatan tubuh antara lain:

Detoksifikasi

Puasa disebutkan mampu membantu penghapusan akumulasi racun di dalam tubuh. Dengan berkurangnya racun di dalam tubuh, maka
resiko-resiko penyakit serius pun semakin menurun

Mencegah Kanker

Puasa dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif pada sel-sel dan asam nukleat, yang dengan demikian, mamu menekan resiko kanker.

Melawan Penuaan Dini

Puasa disebutkan mampu merangsang produksi hormon pertumbuhan di dalam tubuh. Hormon ini menjadikan tubuh tetap fit dan melawan penuaan dini.

Menekan Rasa Lapar

Puasa dapat mengatur produksi hormon lapar, yang disebut dengan hormon ghrelin. Dalam beberapa hari menjalankan puasa, maka lama kelamaan tubuh tidak akan mudah merasa lapar lagi, dan akibatnya, kalori ekstra pun mulai hilang dari tubuh dan berat badan pun bisa tetap terjaga.

Menghancurkan Lemak

Puasa dapat membantu tubuh tetap langsing karena lemak berlebih dalam tubuh bisa segera terpecah sebagai akibat dari produksi HGH, atau hormon pembakar lemak.

Mengurangi Resiko Diabetes

Puasa dapat menurunkan resistensi insulin dalam tubuh, yang biasa ditimbulkan akibat adanya obesitas. Dengan turunnya resistensi insulin, maka kelebihan glukosa dalam tubuh pun bisa dihilangkan.

Meningkatkan Daya Kerja Otak

Puasa dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak baru karena meningkatnya produksi protein yang menjadi faktor neurotropik, yang diturunkan dari otak (BDNF). Dengan ini, puasa juga bisa menurunkan resiko terjadinya Alzheimer maupun Parkinson.
(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)