Jakarta – Salah satu alasan kenapa orang tua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak ialah agar menjadikan anak yang pintar. Hal itu juga merupakan kewajiban orang tua kepada anak. Dalam ajaran Islam, mendidik anak juga ada tuntunannya lho.

Apa Kata Islam Tentang Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Cerdas ?

Cara mendidik anak menurut ajaran Islam bisa dilihat pada saat Nabi Muhammad mendidik istri, anak dan keluarganya. Sangatlah jelas betapa orang tua mempunyai peran yang penting dalam mendidika anak. Berikut akan Harian Indo jelaskan secara sekilas untuk Anda.

1. Cara mendidik anak untuk mencintai dan menyayangi
Untuk memulai hal ini, cobalah untuk perhatikan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Selalu sediakan waktu bagi anak di tengah kesibukan harian Anda. Sediakan waktu bagi untuk berolahraga, merawat diri, dan meluangkan waktu untuk bagi pengembangan pribadi Anda. Sadarkah kita bahwa orangtua yang tidak menghargai dirinya sendiri akan membesarkan anak dengan sifat serupa.

2. Jadikan setiap harinya menjadi waktu yang sangat berharga
Tunjukkan betapa bahagiaanya kita atas kehadiran seorang anak. Jadilah ‘Ahli Gembira’ bagi putra-putri Anda. Ubahlah waktu mengerjakan tugas harian menjadi momen yang berharga dan istimewa. Buatlah saat-saat yang tidak terlupakan dan berkesan pada saat sedang bersama dengan anak, bermain, memeluk, berbagi tawa dan cerita dapat membuat saat-saat biasa menjadi tak terlupakan.

3. Orang tua yang baik adalah pendengar yang baik.
Menjadi pendengar yang baik ternyata tidak mudah bagi sebagian orangtua. Dimana disela-sela kesibukan, sering kali orang tua menyela dan enggan untuk mendengarkan apa yang sedang di ceritakan sang anak. Cobalah untuk mendengarkan anak Anda sepenuhnya tanpa menghakimi.

4. Tunjukan kebahagian dengan tertawa, sebab kegembiraan itu menular.
Buatlah momen sehari-hari menjadi luar biasa berkat kegembiraan dan semangat yang Anda bawa ke dalamnya.

5. Didik kedisiplinan anak sejak dini.
Salah satu sukses mendidik anak adalah dengan tagakny kedisiplinan dalam kesaharian anak. Ajarkanlah anak turut bertanggung jawab atas tugas-tugas rutin dalam rumah tangga. Anak yang secara aktif turut dilibatkan dalam tugas rutin dalam rumah tangga pada masa dewasanya akan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar.Perbaiki kesalahan mereka dengan kelembutan dan kasih sayng namun Anda harus terus-menerus konsisten. Berikan konsekuensi yang wajar dari pelanggaran dengan tujuan untuk mengajarkan tanggung jawab. Janganlah memarahi apalagi mempermalukan anak di depan orang lain atas kesalahan yang mereka perbuat.

6. Berikan penghargaan terbaik untuk anak dan akuilah.
Coba lah latih diri anda agar senantiasa memberikan penghargaan terhadap setiap keberhasilan, bahkan yang paling kecil sekalipun, yang telah Anda lakukan hari ini. Ajarlah diri Anda untuk memberikan penghargaan yang tulus atas tugas-tugas sederhana yang dikerjakan anak. Penghargaan ini akan memberisemangat anak untuk menjalankan tugas yang lebih besar.

(Rani Soraya – www.harianindo.com)