Jakarta – Tidak selamanya telur asin harus didapatkan dengan cara dibeli. Anda bisa membuat sendiri di rumah.

Resep Telur Asin Kering dan Praktis

Berikut ini Harian Indo hadirkan resep dan cara membuat telur asin seperti dilansir dari resepcaramemasak.info (Jumat, 1/4/2016):

Bahan-bahan:

Telur Bebek atau Ayam ukuran sedang besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 sampai 15 butir. Bersihkan dengan air hangat dan gosok telur terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan bahan lain.
Bubuk bata merah secukupnya atau kurang lebih sebanyak 800 gram saja.
Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 900 gram saja.
Abu gosok secukupnya atau kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
Air secukupnya untuk mencampur adonan supaya lembek.

Cara Membuat:

1. Buat adonan untuk membungkus telurnya dengan cara mencampur abu gosok 2 bagian, bubuk bata merah 2 bagian dan garam dapur 3 bagian.
2. Campur bahan bahan diatas sampai rata dan beri sedikit air secukupnya sambil diaduk aduk sampai terbentuk adonan seperti pasta.
3. Ambil telur kemudian bungkus dengan adonan pasta diatas sampai semua bagian tertutup rata dengan ketebalan secukupnya (0.3 cm -1 cm saja).
4. Untuk menjaga proses ini, telur bisa dibungkus kembali dengan plastik supaya tidak terlepas adonannya. Ulangi sampai semua telur sudah dibungkus.
5. Letakkan telur di kuali tanah atau bisa juga menggunakan ember plasti kemudian diamkan kurang lebih selama 16 hari (lebih lama lebih baik dan bagian dalam telur lebih masir).
6. Setelah waktu pengeraman selesai, keluarkan telur, buang adonan pastanya dan kemudian bersihkan sampai benar benar bersih.
7. Rebus telur atau kukus sampai matang dan telur asin ala Brebes sudah siap dihidangkan. (Yayan – www.harianindo.com)